Glitter Words

Minggu, 10 April 2011

PROFIL SMA SANG TIMUR

SMA Sang Timur  Yogyakarta yang terletak di Jalan.Batikan 7 berdiri 16 Januari 1989, merupakan alih fungsi dari SPG Kemasyarakatan Sang Timur yang berdiri tahun 1969.SMA Sang Timur memberi pendidikan bagi kaum muda untuk menyelaraskan kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional.Keunggulan SMA Sang Timur terletak pada pendampingan dan pembinaan siswa yang nenekankan empati sosial, memberi pembekalan keterampilan.
Untuk mewujudkan kecerdasan intelektual didukung oleh para pendidik yang kreatif menerapkan metode ataupun pendekatan dalam proses kegiatan belajar mengajar.
Teknik presentasi sangat membantu penggalian kompetensi siswa, baik kemampuan intelektual maupun kepemimpinan. Hal itu diakui oleh para alumni bahwa teknik presentasi sangat membantu mereka setelah di perguruan tinggi.
Pembinaan dan pendampingan siswa dilakukan dengan usaha mengenal karakter dan kemampuan setiap siswa, menangani secara intensif siswa yang mempunyai kekhususan. Pendampingan siswa dilakukan  antara lain dengan kunjungan rumah pada jam-jam belajar maupun di luar jam belajar. Pendampingan siswa di SMA Sang Timur ini diakui sangat baik oleh orang tua /wali siswa ,alumni dan masyarakat.
SMA Sang Timur membuka tiga program, yaitu program IPA, IPS, dan Bahasa. Dari ketiga program itu, program Bahasa menjadi unggulan terutama dalam bahasa Jepang. Hal tersebut dapat terlihat dari prestasi akademik maupun nonakademik.
 Dalam struktur kurikulum sekolah, SMA Sang Timur mengangkat budaya lokal membatik ke dalam mata pelajaran Keterampilan. Mengapa demikian? Sekolah ingin memberi bekal para siswa, lebih-lebih mereka yang tidak berkesempatan melanjutkan studi ke peguruan tinggi.
Pembekalan keterampilan dilakukan antara lain melalui kegiatan ekstrakurikuler .Kegiatan Ekstrakurikuler dikelompokan menjadi dua,yaitu bersifat wajib dan tidak wajib ( pilihan ).Ekstrakurikuler wajib meliputi conversation dan KIR. Sedangkan ekstrakurikuler pilihan meliputi basket, bola volley, paduan suara, musik, futsal, teater / cinematografi, lurnalistik/mading. Selain ekstrakurikuler, siswa juga membentuk club sesuai dengan minat misalnya: club biologi (termasuk PMR), Japan Club, English Club, club komputer, club band. Kegiatan mereka didampingi guru-guru yang profesional.
Dalam rangka  meningkatkan mutu siswa SMA Sang Timur menjalin kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta di Yogyakarta.Adapun bentuk kerja sama yang telah terjalin dengan Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) dan Universitas Duta Wacana (UKDW) yaitu seleksi siswa berprestasi untuk mendapat biasiswa selama studi di universitas tersebut. Selain itu, seleksi siswa berprestasi tersebut juga untuk penerimaan mahasiswa baru tanpa tes.Khusus dengan UKDW, SMA Sang Timur mendapat kesempatan bekerjasama dalam penelitihan untuk siswa maupun guru.
Berbagai prestasi telah diraih oleh SMA Sang timur, baik dalam bidang akademik maupun non akademik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar