Glitter Words

Minggu, 13 Maret 2011

ASRAMA PUTRI SMA SANG TIMUR

PERLUKAH ASRAMA ?

Mencari sekolah bagi orang tua memang susah-susah mudah, apalagi untuk yang setingkat SMA. Bagi orang tua yang bermukim di daerah perkotaan apalagi di daerah yang pendidikannya terakui seperti misalnya di Yogyakarta, para orang tua tinggal mencari yang sesuai dengan kemampuan biaya dan kemampuan siswa. Akan tetapi bagi orang tua yang berada di daerah yang jauh dari perkotaan, mencari sekolah tingkat SMA pasti perlu pertimbangan yang masak, apalagi bagi mereka yang menghendaki pendidikan yang lebih tinggi setelah SMA.









 







Foto asrama putri di kompleks SMA Sang Timur Yogyakarta, dengan pengawasan dan pendamping Suster Sang Timur


Untuk mempersiapkan pendidikan yang baik demi masa depan yang baik pula, maka masalah mencari sekolah ini perlu dipertimbangkan masak-masak. Apalagi untuk sekolah yang di luar daerah tempat tinggal. Selain biaya juga tempat tinggal bagi anak selama bersekolah. Untuk mengatasi masalah ini ada beberapa sekolah yang menyediakan asrama bagi siswanya, walaupun tidak wajib tinggal di asrama tersebut.

Salah satu sekolah di Yogyakarta yang menyediakan asrama adalah SMA Sang Timur Yogyakarta. SMA Sang Timur menyediakan asrama khusus siswa putri akan tetapi tidak mewajibkan siswa putri untuk tinggal di asrama tersebut. Ada beberapa kelebihan memasukkan anak di asrama. Pertama, anak terjamin dalam hal makanan, karena biasanya asrama tersebut menyediakan makan sekalian, daripada anak yang kos di luar asrama harus mencari makan sendiri. Dengan demikian kesehatan anak lebih terjamin dengan asupan makan yang teratur dan bergizi, sehingga anak menjadi lebih konsentrasi dalam belajar. Kedua, ada pendampingan dari pihak sekolah, seperti di Sang Timur, asramanya didampingi oleh seorang Suster. Dengan adanya pendamping, siswa lebih terkontrol kegiatannya maupun pergaulannya. Sehingga kekawatiran orang tua bahwa nanti kalau jauh dari rumah anak hanya bermain saja sehingga lupa belajar tidak ada. Pengaruh buruk dari pergaulan pun dapat dikurangi.



Tempat tidur yang nyaman, membuat istirahat berkualitas


Almari penyimpanan pakaian serta meja belajar terdapat di setiap kamar



Dapur asrama


Sebagian dari penghuni asrama putri SMA Sang Timur berbincang di teras yang bersih
 
Dapat terlihat perbedaan anak yang tinggal di asrama dan anak yang kos di luar. Anak yang tinggal di asrama terlihat lebih segar dan yang jelas tidak pernah terlambat masuk sekolah. Dalam mengumpulkan tugas mereka juga lebih disiplin. Hal ini dapat terjadi karena di asrama jadwal belajar lebih teratur, saat harus makan, saat harus tidur, saat harus bangun, saat harus belajar, saat harus berdo'a dan lain-lainnya. Akan tetapi bukan berarti yang kos di luar selalu jelek dan kalau di asrama selalu lebih baik, tergantung anaknya juga. Ini dari sudut pandang guru dan mungkin juga orang tua, yang ingin anaknya mendapat segala yang baik, sehingga akhirnya dapat memperoleh yang terbaik dalam hidupnya. Karena terkadang keinginan orangtua dan anak berbeda, tinggal bagaimana orang tua mengarahkan anak sehingga dapat solusi terbaik bagi kedua pihak, yang pasti anak tinggal di ASRAMA PUTRI SMA SANG TIMUR tentu nyaman dan aman.

11 komentar:

  1. wah :)
    saya ingin tahu informasi tentang sma ini dong :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih perhatiannya, untuk mengetahui lebih banyak Anda bisa langsung datang ke lokasi SMA Sang Timur Yogyakarta, Jln. Batikan 7 telp 0274 380782, melalui FB SMA SANG TIMUR YOGYAKARTA, web www.sangtimurjogja.com atau kalau Anda memerlukan brosur kami siap mengirimkan ke alamat Anda (tlg beritahu alamat Anda). Terimakasih.

      Hapus
  2. Wah,saya sangat tertarik dengan sekolah ini. SMA Sang Timur apakah juga menerima siswa dari luar Jawa? Anak kami sekarang kelas II SMP Katolik Santa Maria Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Apakah kira2 bisa mendaftar di SMA Sangti? Utk asrama putra, tersedia gak? Terima kasih..

    BalasHapus
  3. mohon informasi biaya asrama dan masuk sma sangti,terimakasih Tuhan memberkati.

    BalasHapus
  4. Klu untuk sd bagaimana bisa tidak

    BalasHapus
  5. Sekolah ini menerima pindahan dari Jakarta jurusan ips?

    BalasHapus
  6. Mohon info biaya asrama dan biaya masuk SMA SangTi...trima kasoh

    BalasHapus
  7. Mohon info biaya masuk sma dan asrama

    BalasHapus
  8. mohon informasi mengenai biaya masuk sma/biaya skolah dan asrama serta minta brosur nya trimaksih

    BalasHapus
  9. Mohon info mengenai alumni dari sang timur ke universitas mana aj yang sudah lolos melalui jalur undangan

    BalasHapus